Melakukan mail marge

Dalam melakukan mail marge dengan microsoft word 2018 terdapat fitur start mail marge yang dapat membuat surat sebanyak apapun akan terasa menyenangkan dan tepat karena disini cukup membuat satu surat kemudian data yang akan menerima. Surat tersebut dibuat secara terpisah dengan memanfaatkan aplikasi database lain atau fitur yang memang sudah tersedia di microsoft word 2010 itu sendiri. Adapun langkah-langkah dalam menggunakan mail marge sebagai berikut:
1) Pertama kali yang harus dibuat dokumen induk/dokumen utama. Contoh: format sebuah formulir. 
2) Setelah dokumen induk selesai simpan dengan nama. Contoh: "formulir" kemudian klik tab menu mailings.
3) Kemudian pilih step by step mail marge wizard.
4) Pada kontak dialog yang muncul, pilih letters pada bagian select dokument type, kemudian klik next "starting document" 
5) Kemudian pada langkah selanjutnnya: pilih use the current document klik next
6) Kemudian sumber data diatur (data source) untuk mail marge sumber data dalam contoh ini sebagai berikut.
7) pilih tipe a new  kemudian klik teks create kemudian klik next, write your letter
8) Pada kotak dialog yang muncul, judul dari kolom tidak sesuai dengan dokumen induk kita. Klik tombol costumize columns, kemudian pilih field name yang akan diganti, klik tombol rename
9) Ketikan nama pada change field name, setelah selesao klik tombol ok. Lakukan hal yang sama untuk field yang lain.
10) Untuk menghapus field yang akan dihapus, klik tombol delete, kemudian klik yes lakukab untuk menghapus field yang lain.
11) Kemudian klik tombol ok, dan mulailah mengisikan datanya untuk menambah data yang baru klik tombol new entry
12) Setelah semua data di-input, klik tombol ok
13) Kemudian tentukan tempat penyimpanan, dan ketikkan nama data sourcenya, misalnya adalah 123 kemudian klik tombol save
14) Kemudian klik next: write yuor letter, pada kotak dialog yang muncul, letakkan kursor disebelah field nama, kemudian klik insert, lakukan untuk memasukkan field yang lainnya.
15) Klik tombol next, write your letter
16) Pada tahao ini anda dapat melihat masing-masing isi datanya dengan klik preview your letter
17) Jika ingin melihat formulir dengan kata berikut silakan klik 
Tanda >> . Dan untuk melihat data sebelumnya silkan klik Tanda << .
18) Untuk mengakhiri pembuatan formulir, klik next: Complete the merge
19) Untuk mencetak formulir, klik print.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis jabatan

Unsur-unsur administrasi

Fungsi administrasi