Jenis-jenis jabatan

Seperti yang telah diuraikan sebelumnya jabatan dalam sebuah organisasi terbagi menjadi beberapa tingkatan dengan pembagian tugas yang berbeda pada pola berikut contoh jenis-jenis jabatan yang dapat ditemukan dalam suatu perusahaan
1) pimpinan kantor
Pimpinan kantor adalah orang yang memantau dan bertanggung jawab terhadap kelancaran aktivitas kantor secara keseluruhan pimpinan kantor dikenal juga dengan sebutan Kepala Kantor ataupun direktur selain bertugas memantau kelancaran aktivitas kantor secara keseluruhan pimpinan kantor juga bertugas mengatur pembagian tugas pengadaan personil mekanisme kerja dan perlengkapan kantor sesuai kebutuhan.
2) jabatan manajerial
Bagian manajerial adalah orang yang memimpin dalam pelaksanaan pekerjaan dengan menjalankan fungsi-fungsi manajemen planning organizing actuating controlling dan jabatan manajerial adalah jabatan pelaksana.
3) staf atau pembantu ahli
Jabatan ini diisi oleh para tenaga ahli yang cakap dan mampu dalam bidangnya staf atau pembantu ahli bertugas membantu administrator dan manajer dalam melaksanakan pekerjaan pekerjaan kantor contohnya staff simpan pinjam staf akuntan dan staf pemasaran
4) kepala personalia atau hrd (human resource departemen)
  Orang yang memiliki jabatan ini bekerja di bagian khusus kepegawaian mereka bertugas untuk menentukan tenaga kerja sesuai dengan yang dibutuhkan oleh perusahaan Selain itu HRD juga mengatur dan mengkoordinasi kan hak pegawai seperti jatah cuti pegawai kesehatan dan lain sebagainya.
5) kepala tata usaha/ kepala administrasi
Kepala tata usaha adalah orang yang menentukan garis-garis besar kebijakan dan tujuan yang harus dijalankan oleh kantor serta memberikan pelayanan teknis dan administratif pada satuan unit tugas bidang tata usaha meliputi perencanaan pelaporan kepegawaian keuangan rumah tangga keprotokoleran perlengkapan dan peralatan kantor.
6. Jabatan struktural
  Keberadaan jabatan struktural secara tegas diatur dalam sebuah organisasi jabatan struktural memiliki beberapa tingkatan yang menyusun dari yang paling rendah yakni eselon IVB,  nggak yang paling tinggi yakni eselon iia contoh jabatan struktural dapat ditemukan pada kepemimpinan pemerintah daerah Pemuda yakni kedudukan tertinggi dijabat oleh Gubernur, walikota, atau bupati, sedangkan kedudukan terindah dijabat oleh sekretaris lurah.
7) jabatan fungsional
Jika jabatan struktural diatur secara tegas dalam organisasi tidak demikian dengan jabatan fungsional meskipun secara teknis jabatan fungsional tidak tercantum dalam struktur organisasi jabatan ini tetap memiliki tugas pokok dan tanggung jawab yang sangat penting contoh dari jabatan fungsional adalah para PNS pegawai negeri sipil di berbagai bidang misalnya dosen dan guru di bidang pendidikan atau dokter dan bidan di bidang kesehatan.

Komentar

  1. Saya sarankan untuk penggunaan titik dan koma harus lebih diperhatikan lagi, terima kasih banyak.

    BalasHapus
  2. Saya setuju bahwa perusahaan yang sukses terdapat hr yang baik, namun terkadang pekerjaan hr sangat banyak. Untuk memaksimalkan kinerja hr, perusahaan dapat menggunakan software hr untuk memudahkan tugas hr.

    BalasHapus

  3. Website yang sangat informatif sekali, terimakasih sudah menulis artikel yang sangat bagus ini,semoga website ini selalu sukses dalam menulis artikel yang berguna ini.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Unsur-unsur administrasi

Fungsi administrasi