Unsur-unsur administrasi

Menurut pendapat the liang gie dalam bukunya, Administrasi Perkantoran Modern (2009), administrasi merupakan kebulatan proses penyelenggaraan kegiatan yang mengandung 8 unsur administrasi yaitu organisasi,manajemen,hubungan,pegawai tata usaha,dan perwakilan ke 8 unsur tersebut saling berkaitan dan membentuk kesatuan yang tak terpisahkan dalam proses Kerjasama yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Berikut adalah penjelasan terkait kedelapan unsur tersebut.

1. Pengorganisasian
    Pengorganisasian adalah rangkaian perbuatan menyusun suatu kerangka Organisasi yang menjadi wadah bagi setiap kegiatan dalam usaha kerjasama mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
2. Managemen
 Manajemen adalah rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengerahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan kerja sama yang telah ditetapkan benar-benar tercapai
3. Tata hubungan
  Tata hubungan adalah rangkaian perbuatan menyampaikan warta dari satu pihak kepada pihak lain dalam usaha kerjasama.
4. Kepegawaian
  Kepegawaian adalah rangkaian perbuatan mengatur dan mengurus para tenaga kerja yang diperlukan dalam usaha kerjasama
5. Keuangan
  Keuangan adalah rangkaian perbuatan mengolah segi-segi pembelanjaan dalam usaha kerjasama
6. Pembekalan
   makanan adalah rangkaian perbuatan mengadakan mengatur pemakaian mendaftar memelihara sebagai menyingkirkan segenap perlengkapan yang sudah tidak diperlukan dalam usaha kerjasama.
7. Tata usaha
  Tata usaha adalah rangkaian perbuatan menghimpun mencatat mengolah menggandakan mengirim dan menyimpan Keterangan Keterangan yang diperlukan dalam usaha kerjasama.
8. Perwakilan
  Perwakilan merupakan rangkaian perbuatan menciptakan hubungan baik dan dukungan dari masyarakat sekitar terhadap usaha Kerjasama yang dilakukan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenis-jenis jabatan

Fungsi administrasi